Sekarang kita ngomong soal duit: Berapa penghasilan seorang Ahli Coding atau Programmer ?

Jawabannya tergantung apa bidang pemrograman yang Anda kuasai, sejauh apa keahlian Anda, dan Anda BERADA DI MANA. Sebagai tools, Anda bisa memakai algoritma dari Glassdoor (www.glassdoor.com) atau website search job seperti artdevjobs.com .

Dan berikut kami cantumkan beberapa ilustrasi gaji untuk programmer, ilustrasi ini dibuat tahun 2019.

Untuk programmer PHP pemula sebagai BackEnd Developer di Jakarta Anda bisa digaji Rp 7 juta per bulan atau 84 juta per tahun ($ 6000), gaji ini termasuk rendah karena di AS gaji programmer PHP pemula adalah $ 12.000 per tahun. Menurut algoritma Glassdoor, gaji seorang PHP senior bisa mencapai $ 74.126 atau sekitar Rp 60 juta per bulan.

Hal yang lebih besar bisa didapat oleh Programmer Java. Seorang developer Java, apalagi yang menguasai framework seperti Spring atau ZK, bisa digaji $ 93.000 atau lebih dari Rp 100 juta per bulan sedangkan untuk pemula, programmer Java digaji $ 40.000. Itu di AS, di Indonesia programmer Java pemula bisa digaji di atas Rp 10 juta per bulan.

Gaji dua digit untuk pemula adalah sesuatu yang sangat ‘lumayan’ di Indonesia. Hal ini pantas didapat, Java adalah bahasa pemrograman yang sangat rumit melebihi PHP, learning curve belajar Java jauh lebih panjang dari PHP atau bahasa pemrograman lain. Java memiliki konsep OOP (Object Oriented Programming) yang sangat kompleks.

Alternatif dari Java untuk bahasa pemrograman yang jauh lebih ‘mudah’ dipelajari adalah Developer Python. Di As gaji seorang Developer Python bisa mencapai $ 85.886 atau mencapai Rp 100 juta juga per bulan, hampir menyamai Java.

Tapi satu hal, bahasa pemrograman Python memang mudah dipelajari, dia memiliki learning curve lebih pendek dari Java. Tapi, jika Anda hanya menguasai bahasa pemrograman-nya saja tapi aplikasi penerapan, semuanya percuma.

Akhir-akhir ini sedang santer pengembangan Big Data dan Artificial Inteligence (A.I.), kedua riset ini menggunakan bahasa pemrograman Python dan R sebagai medianya. Baik Big Data maupun A.I. membutuhkan kemampuan analisa statistika dan matematika yang tinggi.

Jadi jika Anda merasa tertantang dengan Python (dan Anda merasa jago dalam ilmu matematika) , ada baiknya Anda melanjutkan untuk mendalami Big Data atau A.I. Seorang Data Scientist atau A.I. Engineer bisa digaji lebih dari $100.000 per tahun. Mantap bukan?

Dan di web ahlicoding.com ini, Anda bisa mempelajari kesemua bidang itu di atas. Bacalah dan pelajari perlahan-lahan, informasi dan ilmu pengetahuan di web ini akan selalu update.

Semoga sukses!

Last modified: December 8, 2019

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.