Algaoritma adalah ilmu yang Maha Penting untuk dikuasai jika Anda ingin menjadi Programmer, Ahli Coding, atau mendalami bidang I.T. Bukan hanya itu, ilmu ini sangat berguna bahkan di bidang-bidang lain, terutama yang berhubungan dengan tehnik.

Sebenarnya, algoritma bukan sebuah ilmu tetapi lebih kepada “cara berpikir”, karena kalau mau dibilang ilmu, kedudukan algoritma amat sangat-sangat mendasar sekali.

Algorithma didefinisikan sebagai “Suatu rangkaian proses operasi yang logis dan teratur untuk memecahkan masalah dengan melibatkan perhitungan, pemrosesan data, dan proses automasi. Algoritma adalah metode yang efisien dalam lingkup ruang dan waktu tertentu” (sumber).

Dari definisi di atas jelas bahwa algoritma adalah suatu rangkaian proses. Ada step-step di dalamnya. Dan yang namanya proses selalu ada awal dan ada akhir. Demikian juga dalam bahasa pemrograman.Bahasa pemrograman ditulis dari atas ke bawah, dan dieksekusi secara berurutan. Namanya program komputer selalu ada awal dan ada akhir.

Dengan demikian jelas, bahasa pemrograman adalah suatu bentuk algoritma yang dituliskan ke dalam bahasa simbol yang bisa dimengerti manusia .

Diagram Alur Algoritma
Programmer adalah orang yang sehari-hari bergaul dengan kode, kita sudah biasa di-kodein, bukan hanya oleh gebetan, tapi juga oleh program komputer sendiri.

Karena terbiasa dengan kode, maka algoritma pun juga di-kodein, alias dibuat simbol, dan dalam hal ini simbol itu berbentuk diagram. Kenapa? Ya tujuannya agar lebih mudah dipelajari.

BACA JUGA:  Mengenal Al Khawarizmi, Bapak Algoritma

Sebuah diagram proses algortima ditulis dari kiri ke kanan atau atas ke bawah, karena itu dalam rangkaian proses seperti gambar diagram di bawah terdapat garis panah dalam penghubung antar proses. Tidak aturan baku memang tapi ini kesepakatan saja karena sebagian besar orang toh membaca dari kiri ke kanan dan atas ke bawah.

Sebenarnya kita gak usah jauh-jauh dulu ke perhitungan matematik, karena sejatinya algoritma pun ada dalam kehidupan sehari-hari. Contohlah saat kita makan, mandi, itu semua pada dasarnya ada algoritma-nya, karena bukankah semua kegiatan itu memiliki step-step masing-masing ?

Last modified: October 16, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.