Menjadi seorang Ahli Coding alias Programmer adalah sebuah panggilan jiwa. Gak muluk-muluk saya mengatakan demikian, karena memang demikianlah yang saya alami. Menjadi seorang Programmer butuh proses yang panjang dan tidak mudah.

Tapi jika Anda memang sudah bertekad kuat ingin menjadi seorang programmer, berikut ini adalah syarat-sayarat yang harus Anda penuhi:

  1. Punya rasa ingin tahu
  2. Logikanya Jalan
  3. Bisa Bahasa Inggris
  4. Ketekunan
  5. Kreativitas
  6. Terakhir, jangan ragu untuk berbagi ilmu (sharing)
  7. Tambahan: Tahu caranya mencari informasi di internet.

Dan saya akan membahas ke-6 faktor di atas.

1. Punya Rasa Ingin Tahu
Konon, kunci ilmu pengetahuan adalah rasa ingin tahu. Ilmu di bidang I.T. dan pemrograman sangat luas dan tidak pernah berhenti, setiap tahun, setiap bulan, setiap hari selalu ada saja perkembangan. Apa yang hari ini nge-trend boleh jadi usang bulan depan.

Seorang Ahli Coding dituntut untuk mampu beradaptasi dan terus mengikuti perkembangan teknologi I.T. kalau tidak mau, ya tertinggal. Dan hanya dengan dorongan rasa ingin tahu yang besarlah yang bisa memotivasi Anda untuk terus belajar dan menggali ilmu I.T.

2. Logika Jalan
Dunia I.T. adalah dunia rasional, dunia realistis bukan mistis. Sebuah komputer bisa bekerja bukan karena ada jin yang merasuki, tetapi karena ada program yang berjalan, dan program itu bisa berjalan karena ada perintah-perintah kode yang dieksekusi.

Adapun kode atau kodingan merupakan perintah tertulis yang tesusun dari metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur, yang di mana langkah-langkah itu dituliskan secara matematis dan simbolis dalam bahasa pemrograman. Metode khusus ini dikenal dengan nama : Algoritma.

BACA JUGA:  Selamat Datang di Ahlicoding.com /Ahlikoding.com

Dengan kata lain, Algoritma adalah dasar rasionalitas di dunia I.T. dan Pemrograman, dan jika berbicara rasionalitas berarti kita berbicara hal-hal yang masuk secara nalar dan akal sehat, dengan kata lain: kita berbicara tentang Logika.

Seorang Ahli Coding, sebagaimana profesi Engineer lainnya, WAJIB hukumnya memiliki logika yang bagus. Memiliki Nalar. Karena hanya dengan logika yang bagus seorang Ahli Coding mampu memahami Algoritma.

Orang yang memiliki daya Nalar bagus disebut dengan orang cerdas, sebaliknya orang yang nalarnya jelek disebut terbelakang, tolol atau moron.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya penerapan Algoritma sudah dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Algoritma berkaitan dengan step-step (urutan) suatu proses secara teratur, dan banyak sekali aktivitas harian kita yang terdiri dari step-step teratur.

Ambil contoh ketika kita mandi, ada sebuah algoritma yang bekerja di sana. Yang namanya mandi pasti ada urutan-urutan langkah, mulai dari buka baju, bilas, sabunan, bilas kembali, mengeringkan dengan handuk, dan terakhir barulah memakai baju ganti. Tidak mungkin kita mandi langsung menyiram air tanpa membuka baju terlebih dahulu, atau langsung memakai baju dalam keadaan basah tanpa mengeringkan tubuh dengan handuk. Semua ada urutan-urutan langkah yang harus dipatuhi.

Orang tehnik biasa menyimbolkan algoritma dengan suatu bagan yang disebut dengan Diagram Alur atau Flow Chart. Dalam algoritma ada yang namanya sistem kontrol dan percabangan : if (jika), jika suatu keadaan belum terpenuhi maka bisa diarahkan ke keadaan lain, atau mundur ke belakang, dan mandi pun begitu. bukan?

BACA JUGA:  Betulkah Profesi Ahli Coding Fleksibel ?

Ketika Anda sabunan kemudian bilas lalu setelahnya hendak mengeringkan dengan handuk, ternyata Anda mendapati masih ada sisa kotoran yang menempel di tubuh, maka Anda pasti batal handukan, bukan? Anda pasti akan kembali (backward) ke proses sebelumnya, yaitu membilas tubuh ATAU bahkan sabunan kembali sampai benar-benar bersih, dan berulang-ulang terus sampai Anda yakin sudah bersih, dan barulah Anda handukan.

Nah, itulah Algoritma… dalam mandi.

Flowchart Algoritma dalam Mandi

Dalam dunia I.T. akan lebih banyak lagi algoritma yang lebih kompleks, tapi seberapapun kompleks dan rumitnya algoritma, Anda bisa memecahkannya , perlahan atau cepat, yang penting satu hal: Logika Anda jalan.

Last modified: August 17, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.