Tidak Ada Kata ‘Terlambat’ !!

Anda tertarik menjadi seorang Programmer alias Ahli Coding? Alamatnya tepat! Ahlicoding.com – Tempatnya belajar Pemrograman dan Ilmu Informatika. Ini situs yang tepat buat Anda.

Jika Anda seorang pemula, maka kami yakin Anda akan bertanya: “Saya harus mulai dari mana? Dan apakah saya masih bisa belajar di usia saya segini?”

Baiklah Anda tertarik menjadi seorang Ahli Coding alias Programmer , tapi saya asumsikan di sini Anda belum tahu apa-apa mengenai pemrograman, alias masih gaptek total.

Kedua, mengenai apakah Anda telat belajar atau tidak, Anda jangan kuatir. Perlu Anda ketahui, saya pribadi memutuskan menjadi Programmer pada tahun 2012, yaitu pada saat umur saya sudah 30 tahun! Di situlah saya mulai belajar membuat web !!

Jadi kalau Anda yang usianya masih di bawah itu, kenapa mesti ragu? Toh saya sendiri memulainya di usia 30 tahun, dan jadilah saya seperti sekarang ini. Tapi tentu saja saya menjadi Programmer tidak dalam waktu semalam-dua malam, ada proses yang harus dilalui, dan proses itu adalah: Belajar dan Berlatih dengan tekun.

Dapatkan Gambaran Besar terlebih dahulu.

Untuk mendalami segala sesuatu dengan cepat, kita harus mendapatkan Gambaran Besar dari materi yang mau kita dalami terlebih dahulu.

Mengapa “Gambaran Besar” atau “Bird View” sangat penting? Karena dengan mengetahui Gambaran Besar, kita bisa memiliki “Peta” dan mengerti ruang lingkup dan batasan-batasan apa yang harus kita pelajari.

Sayangnya mendapatkan “Gambaran Besar” juga tidak mudah. Orang seringkali harus Learning By Doing, Trial and Error dahulu, sehingga pada akhirnya bisa menyimpulkan Gambaran Besar. Itu tentu saja tidak efektif, walaupun itu sebenarnya langkah yang benar.

BACA JUGA:  Ingin Serius Jadi Programmer? INI SYARATNYA!

Namun ada cara lain untuk mendapatkan Gambaran Besar dengan lebih cepat.

Analogikan begini. Dulu sewaktu kecil saya pernah diajak ke Taman Rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol untuk pertama kali. Di sana banyak sekali wahana-wahana yang menarik, tetapi itu membuat saya bingung: Yang mana yang mau saya naiki dahulu, lalu kemudian bagaimana Peta Wahana-wahana di Dufan itu ?

Akhirnya saya melihat Bianglala atau Kincir Raksasa, saya memutuskan untuk menaiki wahana itu duluan, mengapa? Simple, karena saya ingin melihat Dufan dari ketinggian Bianglala, karena dari ketinggian saya bisa mendapatkan “Bird View” dari wahana-wahana di Dufan.

Dan benar saja, dari ketinggian Bianglala, akhirnya saya mendapatkan citra “Bird View” atau “Gambaran Besar” dari Dufan secara keseluruhan, saya pun bisa “menyusun peta” (setidaknya dalam ingatan saya dulu) mengenai letak Wahana2 yang ada di bawah.

Pelajaran dari sini adalah: Kita butuh Alat untuk mendapatkan Gambaran Besar atau “Bird View” karena kita bukan burung sehingga tidak bisa terbang. Kita butuh ‘Bianglala’ untuk membawa kita ke atas dan melihat semuanya yang ada di bawah.

Dan website ini adalah Bianglala -nya.

Website ahlicoding.com ini akan memberikan penjelasan secara konseptual sebelum ke teknis sehingga Anda bisa mendapatkan Gambaran Besar terlebih dahulu, dan kadangkala memakai analogi untuk memudahkan pemahaman Anda.

Setelah Anda paham, barulah kita melangkah ke hal teknis. Anda tentu bisa tetap membaca website ini untuk panduan teknisnya, atau Anda bisa Googling sendiri atau bertanya pada “Stackoverflow”

BACA JUGA:  Betulkah Seorang Ahli Coding cenderung Introvert ?

Mulai dengan Konsep dan Yang Mudah: Membuat website

Selain mendapat Gambaran Besar, belajar sesuatu akan sangat efektif jika Anda belajar dengan struktur yang rapi, Step By Step, tidak melompat-lompat, terutama belajar Pemrograman.

Untuk memulai belajar pemrograman susah-susah gampang. Tapi yang terpenting adalah Anda harus mengerti dahulu konsepnya, gambaran besarnya, barulah mengarah ke detail dengan praktik dan latihan.

Dengan mengerti Konsep, Anda akan mendapat Gambaran Besar-nya. Dan di setiap Menu materi di website ini selalu ada Sub Menu: Pendahuluan. Di bagian inilah Anda akan mendapatkan konsepnya, karena itu bacalah bagian Pendahuluan terlebih dahulu.

Pertama, bacalah Bab Menu ‘Awal’ , di sana untuk Anda yang awam, Anda bisa membaca mengenai bagaimana profesi Programmer alias Ahli Coding di Bab ‘Mengenal Ahli Coding’,

Sedangkan untuk latihan pertama kali, Anda bisa mengikuti Pemrograman Web pada Menu Pemrograman. Bacalah secara urut dari Atas ke bawah, mulai dari Pendahuluan hingga “Test Kasus”.

Setelah Anda lumayan menguasai Bahasa-bahasa Perograman, Anda bisa berlanjut ke Framework, di sini adalah langkah penting buat Implementasi kemampuan teknis Anda, bacalah urut mulai dari Pendahuluan juga.

Menguasai bahasa Pemrograman secara Native memang bagus, tetapi sama juga bohong jika Anda tidak menguasai Framework-nya. Menguasai PHP secara native memang harus , tapi jika Anda tidak menguasai Codeigniter atau Laravel, Anda tidak akan bisa bergabung dengan project dan membuat sesuatu.

Karena framework lah yang memungkinkan Anda membuat Karya Nyata, membuat program yang kelak bisa Anda pakai atau Anda jual ke orang lain.

BACA JUGA:  Mengenal Profesi Ahli Coding / Programmer

Bahasa Native bukannya tidak bisa, tetap bisa hanya saja sangat tidak efektif, membutuhkan waktu jauh lebih lama, Cost lebih banyak , dan kerawanan Error yang lebih besar dibandingkan Anda memakai bantuan framework.

Setelah menguasai framework, Anda tentu juga harus memperkaya pengetahuan Anda, karena itu di-sambil-lah dengan membaca Menu ‘Ilmu I.T’ dan ‘A.I.’ karena banyak materi-materi penting di sana yang bisa Anda kembangkan.

Mungkin dalam Bab ‘Ilmu I.T.’ dan ‘A.I.’ hanya sedikit introduce atau konsep nya saja, tetapi itu sudah bisa memberikan ‘Gambaran Besar’, selanjutnya jika ingin memperdalam, Anda silahkan Googling sendiri.

Terakhir, kami juga menyediakan Pelatihan. Baik yang Gratis maupun Berbayar, jika Anda merasa ilmu Anda masih kurang atau masih terlalu lambat untuk berkembang, silahkan Anda mengikuti kursus Pemrograman Privat kami.

Demikianlah langkah-langkah yang harus Anda ikuti. Tentu saja Anda bisa membaca seluruh konten materi di website ini, tapi akan Sangat Percuma jika Anda tidak berlatih mengerjakan pemrograman. Ibarat belajar Kung Fu, Anda hanya membaca dan membaca teori tapi tidak pernah berlatih dan bertarung. Kira-kira apa yang terjadi?

Dan satu hal terakhir: Ini semua butuh Proses, tidak bisa serta merta. Kota Roma tidak dibangun dalam sehari. Jangan pernah bermimpi Anda akan menjadi Programmer Hebat atau Hacker jagoan hanya dalam waktu 1 -2 hari.

Tidak ada yang instan di dunia ini. Anda harus menjalani prosesnya.

Last modified: May 11, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.