Di era pandemik sekarang ini aktifitas online meeting menjadi urat nadi dan tanpa sadar ini menjadi kebutuhan , di mana kita semua dituntut tetap wajib bekerja dan produktif, sekalipun fisik kita tetap berada di rumah alias work from home (WFH).

Mungkin pada saat kita online meeting atau pada sesi webminar, kita ingin sekali memiliki catatan notulensi. Pada beberapa paket aplikasi berbayar seperti Teams, Google Meet, dan Zoom memang telah menyediakan fitur perekaman meeting.

Tetapi bagaimana dengan paket gratis? Bisakah kita merekam segala aktivitas di layar (screen) pada saat meeting?

Jawabannya BISA! Yaitu dengan menggunakan 2 buah fitur aplikasi , OBS Studio dan KDENLIVE. Dan KEDUANYA GRATIS..TIS.. TIS! Tinggal didownload saja di internet, di-install lalu pakai. Kedua aplikasi ini bisa bekerja baik di Windows maupun Linux.

Merekam dan Mengedit
OBS Studio berfungsi untuk merekam (recording), baik Webcam, maupun merekam aktivitas layar (Screen), sedangkan KDENLIVE berfungsi sebagai Film Editor, Anda bisa mengedit-edit video hasil rekaman OBS Studio lengkap dengan beberapa effek yang ciamik. Yaah, kira-kira seperti Adobe Premier versi gratisan lah.

Kedua aplikasi ini bisa langsung di download di website officialnya. OBS Studio bisa langsung di-download di: obsproject.com , sedangkan KDENLIVE bisa di download di kdenlive.org .

Senjata Para Youtuber
Kedua aplikasi ini telah lama menjadi ‘senjata’ praktis para Youtuber , termasuk saya. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lain yang gratis juga, tetapi sengaja saya pilihkan dua ini, karena ini lah yang paling mudah dipelajari , dan selain itu tutorialnya juga banyak di Youtube.

BACA JUGA:  Cara Memasukkan Kode Embed Google Maps di Website / Blog

Kapan-kapan saya bagikan juga video tutorial saya untuk kedua aplikasi ini, tapi sekarang untuk sementara.. silahkan coba-coba dulu deh, pengoperasiannya mudah kok. Silahkan download OBS Studio dan KDENLIVE , install, dan mulailah membuat video dari hasil rekaman layar.

Selamat Berkarya

Last modified: September 25, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.