Git adalah sebuah protokol version control serba guna ciptaan Linus Torvalds (pencipta Linux) untuk developer dan Ahli Coding, dengan Git, maka kolaborasi dan maintenance kode akan sangat mudah dilakukan.

Untuk memahami protokol Git, mari kita bayangkan kita seperti bermain video game Petualangan. Ketika masuk ke level tertentu, tentu kita akan melakukan simpan ‘Save Game’ supaya ketika jagoan kita mati, kita tidak perlu mengulang lagi dari Level Pertama, tetapi cukup kita – ‘Load Game’ yang sebelumnya kita simpan, demikian seterusnya ketika kita berhasil mencapai level baru, kita simpan, hingga akhirnya Game tersebut kita tamatkan.

Nah, Git juga bekerja seperti Game petualangan itu.

Meng- Clone Repository:

git clone https://gitlab.com/reposaya/companywebsite.com

Setelah itu Anda akan dimintai kredensial Username dan Password dari akun Gitlab Anda. Jika Anda ingin versi yang lebih ringkas tapa perlu menjawab username dan password, sandingkan username dan password Anda dalam perintah Git Clone nya:

$ git clone https://akunsaya:passwordsaya@gitlab.com/reposaya/projectwebsite.git

Men-‘Save Game’ Pekerjaan

Seperti bermain game, pekerjaan kodingan Anda berkembang dan kini memasuki ‘Level Baru’ , tentu Anda harus men-‘Save Game’-nya bukan? maka dari itu perintahnya adalah:

$ git add -A 

Anda akan segera melihat laporan perubahan: File-file mana saja yang telah Anda ubah, tambahkan, atau bahkan hapus. Setelah di-Add, Anda harus meng-commit perubahan itu , disertai dengan pesan , misalnya: “Update di Hari Rabu” atau “Update versi 1.2.3” , terserah Anda. Contoh:

$ git commit -m "Update hari Rabu tanggal 30 Juni 2018"

Dan setelah Anda commit, Anda harus mem-push perubahan itu ke Repository Gitlab di cloud, perintahnya adalah:

$ git push -u origin master

Memaksa revisi ke versi tertentu

git fetch --all a12b345c6789123jde

git reset --hard origin/master a12b345c6789123jde
git fetch --all a12b345c6789123jde

git reset --hard origin/master a12b345c6789123jde

Kita lihat , kita berhasil kembalikan ke versi Hari Senin. dan alamat di kode HTML pun kembali.

BACA JUGA:  Linux Cheat Sheet

Tapi apa yang terjadi dengan Update hari Selasa ? HILANG! Mengapa hilang sebab kita telah menjalankan perintah untuk menimpanya dengan melakukan ‘git reset –hard’

Related posts:

Last modified: March 25, 2021

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.