Manusia pada dasarnya mahluk pemalas, mereka bekerja karena keadaan memaksa mereka bekerja, setidaknya demikian menurut renungan saya. Dan mungkin ini pulalah yang mendasari manusia untuk menciptakan alat-alat mulai dari kapak batu hingga robot industri, tujuannya tentu saja untuk mengurangi tenaga keluar tetapi menghasilkan hasil yang maksimal atau yang dikenal sebagai prinsip ekonomi.

Cukup berfilsafat. Kembali ke soal robot industri, jika Anda baca di mengenai ‘Robot Industri’ Wikipedia (sumber), maka Anda akan tahu bahwa robot industri sebenarnya sudah dipakai (dipakai, bukan lagi ditemukan) pada tahun 1938 , bahkan lebih dulu dari komputer modern pertama oleh Alan Turing tahun 1940-an.

Robot Industri diprogram untuk membantu melakukan pekerjaan manusia dengan satu karakteristik: repetitif, alias monoton.

Sejarah Robot Industri di Indonesia
Tahun 1980-an , Toyota Motors , sebuah perusahaan otomotif asal Jepang, membuka pabrik perakitan di Indonesia dengan nama Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang hingga sekarang lokasinya masih ada di daerah Sunter, Jakarta Utara. Beberapa assembly line menggunakan robot, dan diperkirakan inilah saat pertama kalinya Robot Industri mulai dipergunakan di Indonesia, sebelumnya hanyalah skala Lab yang dikembangkan oleh LIPI.

Sayang dalam perkembangan selanjutnya, Robot Industri kurang mendapat perhatian dan antusiasme dari anak bangsa atau pelaku industri. Ongkos buruh yang murah di Indonesia menyebabkan penggunaan teknologi Robot Industri tidak begitu berkembang.

BACA JUGA:  Otomasi Browser dengan Pengelabuan I.P. Address

Last modified: October 12, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.