RPA (Robot Process Automation)

Cepat atau lambat, mesin akan mengambil alih pekerjaan manusia. Dengan teknologi yang dikenal sebagai Artificial Intelligence, mesin/komputer memiliki kemampuan untuk menyerupai dalam hal berpikir dan bertingkah laku.

Kini pekerjaan-pekerjaan task repetitif seperti Penjaga Gerbang Tol, Kasir Bank, kini sudah digantikan Electronic Gate dan ATM , pabrik-pabrik mulai digantikan dari tenaga buruh kasar ke Robot Manufaktur, bahkan mungkin tak lama lagi: Tenaga Pemasaran, Costumer Service, Resepsionist, mereka akan digantikan oleh robot.

Hal ini yang disebut dengan Otomatisasi, dimana pekerjaan yang semula dikerjakan oleh manusia secara manual, pada akhirnya diambil alih oleh Robot.

Otomasi dalam Pekerjaan Kantor

Bagaimana dengan Lingkup Pekerjaan Kantor? Tentu saja ADA!

Dalam pekerjaan kantor, Otomatisasi mencakup segala task administrasi, misalnya untuk membuat /mengirim laporan, mengetik input, mengirim email, mengambil data (scrapping) dari internet, PDF, dll.

Bahkan lebih dari itu, Otomoatisasi mencakup untuk menganalisa task-task yang ada. Misal laporan Penjualan, Otomatisasi mencakup analisa sehingga bentuk akhirnya berupa kesimpulan “apakah trend penjualan sedang menaik atau malah menurun”

Bersama dengan itu kami dari Ahlicoding.com menyelenggarakan pelatihan RPA (Robot Process Automation)

Apa Benefitnya Pelatihan ini?

Banyak sekali benefit yang Anda dapatkan, baik sekarang maupun waktu mendatang (yang tak lama lagi):

Bagi Penguasaha:

  1. Anda dapat mereduksi Cost gaji karyawan dengan sangat besar. Pekerjaan yang semula membutuhkan 10 orang, dengan meng-implementasikan RPA maka hanya perlu maksimal setengahnya.
  2. Efisiensi Maksimal Perusahaan Anda, banyak task yang semula memakan waktu lama bisa dipersingkat hanya beberapa jam saja.
  3. Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengadopsi Teknologi I.T. dan juga A.I. (Kecerdasan Buatan)
BACA JUGA:  Privat Coding For Mums (Untuk Ibu-ibu Rumah Tangga)

Bagi Karyawan:

  1. Sebagai ‘Alarm Warning’ sekaligus wawasan untuk melakukan ‘shifting’. Adanya tekologi otomasi bisa menjadi ancaman akan hilangnya pekerjaan tapi sekaligus juga memberi peluang akan hadirnya kebutuhan tenaga-tenaga kerja baru dalam bidang yang berbeda. Pelatihan ini memberikan pandangan dan wawasan yang lebih jelas.
  2. Sebagai modal untuk memiliki Skill menjadi implementor akan teknologi otomasi, sehingga dengan menguasai Skill bidang baru ini, tidak perlu kuatir akan hilangnya pekerjaan di bidang semula yang ‘konvensional’

Silabus Pelatihan:

Pelatihan terdiri dari dua bagian: Pelatihan Dasar dan Pelatihan Pendalaman RPA.

Silabus Pelatihan Dasar:

  1. Penjelasan Konsep Kecerdasan Buatan dan Otomasi
  2. Kecerdasan Buatan dalam Pekerjaan Administrasi Kantor
  3. Otomasi sederhana: dengan Excel dan Ms Word
  4. Dasar Otomasi Kantor dengan UIPath
  5. Contoh kasus implementasi Otomasi kantor.
  6. Sesi Tanya Jawab

Last modified: May 10, 2020

Author

Comments

untuk Kursus RPA kapan dimulainya ya

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.