Telah dibilang sebelumnya jika Anda ingin men-develop sebuah aplikasi dengan pemrograman Java, Anda tidak cukup hanya memiliki JRE, tetapi juga JDK. Dalam JDK secara otomatis sudah tersedia JRE, jadi Anda tidak perlu menginstall dua kali.

Untuk mendownload JDK, semua disediakan di website resmi Oracle (pemilik hak lisensi Java), untuk mendownloadnya Anda harus membuat akun terlebih dahulu di Oracle. Gratis, untuk yang ini.

JDK SE adalah Standard Edition, dengan ini Anda sudah bisa membuat aplikasi Java, hampir keseluruhan aplikasi Java cukup dengan JDK, kecuali untuk membuat aplikasi berbasis server seperti Glassfish, maka dibutuhkan Java EE . Untuk mendownload Java SE JDK, silahkan ke sini.

Saya pribadi SELAIN JDK juga memakai yang SDK EE atau Enterprise Edition, alias versi yang lebih ‘serius’. Tentu saja karena saya memang ingin membuat aplikasi Java betulan (baca: mencari uang) dengan mendevelop aplikasi yang lengkap dengan GUI (sistem antar muka) nya, bahkan untuk membuat web memakai bahasa Java. Maka jadilah saya memilih Java EE.

Untuk mencari informasi lebih jauh mengenai Java EE Anda bisa cari di sini, sedangkan untuk mendownload JDK EE, Anda bisa mendownload nya langsung di sini.

Seperti halnya bahasa PHP yang mengalami peningkatan seri (dari PHP 5 ke PHP 7), bahasa Java saat tulisan ini dibuat sudah sampai seri 14 (Java 14), tetapi saya memakai yang 8 saja (Java 1.8) , karena masih banyak program yang compilernya memakai Java 1.8

Men-setting PATH

Jika Anda sudah mendownload, Anda tinggal meng-install nya seperti biasa. Namun untuk memudahkan, terutama Anda yang memakai Windows, Anda perlu men-setting PATH nya di lingkungan Windows.


Last modified: June 1, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.