Saat tulisan ini ditulis, lebih dari 6 milyar perangkat dunia menggunakan Java, mulai dari mesin ATM, handphone, komputer, mesin kasir (cash register), jam tangan, dan sebagainya.

Bagaimana Java bisa sedemikian luasnya digunakan? Jawabannya karena Java memiliki suatu plugin yang bernama JRE (Java Runtime Environtment) yang bisa diinstal di banyak tempat. Mesin atau komputer apapun, di OS apapun itu selama dia bisa diinstall JRE, maka dia bisa menjalankan program Java, dan jadilah mesin itu menjadi Aplikasi Java. Jika kompor Anda bisa diinstall JRE, maka jadilah kompor Anda pun sebuah aplikasi Java, dan ini memang NYATA adanya, kelak Anda mempelajari Java IoT (Internet of Things), dimana Java bisa mengendalikan peralatan2, bahkan peralatan rumah tangga sekalipun.

Dalam JRE ada sekumpulan program untuk mengeksekusi program Java (yang ber-ekstension .jar atau .war). Nama program itu adalah JVM atau (Java Virtual Machine). JVM bekerja sama dengan library-library lain, semua berada dalam JRE menjadi alat untuk mengeksekusi program Java.

Jadi untuk menjalankan program Java di suatu mesin Anda membutuhkan JRE.

Lalu cukupkah untuk membuat program Java? Tentu saja tidak! Perhatikan bahwa JRE hanyalah untuk menjalankan program aplikasi Java saja tapi bukan untuk MEMBUAT (MEN-DEVELOP) aplikasi Java tersebut.

Anda membutuhkan satu entitas lagi yang bernama JDK atau (Java Development Kit).

BACA JUGA:  Collections dalam Java: ArrayList, LinkList, dan HashSet

JDK adalah JRE DITAMBAH tools atau alat-alat untuk membuat aplikasi Java, ibaratnya sekop dan pacul-nya petani. Artinya di dalam JDK sendiri SUDAH BERISI JRE (dan JVM juga tentunya) jadi Anda tidak perlu repot2 meng-install dua kali.

Cukup install JDK saja maka itu sudah mencakup semuanya.

Tapi masalahnya: Java sendiri memiliki berbagai macam JDK, ada JDK SE (Standar Edition), ada JDK EE (Enterprise Edition), dan JDK ME (Micro Edition).

Mana yang cocok buat Anda ? Silahkan lihat tulisan berikut.

Last modified: June 1, 2020

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.