Dalam dunia teknologi informasi (IT), atau bahkan dalam dunia kerja perkantiran sehari-hari, Anda sering dihadapkan pada masalah efisiensi. Saya banyak memperhatikan masih banyak orang-orang kantoran yang sayangnya belum efektif dalam bekerja, salah satu faktornya adalah ketika menggunakan PC atau laptop mereka masih belum atau minim menggunakan shortcut.

Penggunaan shortcut atau pintasan keyboard telah menjadi salah satu kunci utama dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Shortcut merupakan kombinasi tombol pada keyboard yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah atau fungsi tertentu dengan cepat tanpa harus bergantung pada menu atau navigasi mouse.

Apa itu Shortcut?

Shortcut adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi atau perintah tertentu dalam program atau sistem dengan cepat menggunakan kombinasi tombol pada keyboard. Penggunaan shortcut mempercepat proses kerja dengan menghilangkan kebutuhan akan navigasi menu yang lambat.

Contoh yang paling gampang, misalnya bagaimana cara Anda mengcopy-paste SEMUA konten atau data Excel yang terdiri dari 1000 baris? Jika Anda tidak menggunakan short cut maka yang Anda lakukan adalah menyorot (drag tahan mouse) keseluruh 1000 baris itu, lalu klik kanan, Copy dan Paste. Benar benar tidak efisien!

Tapi bagaimana jika menggunakan Shortcut? Tentu saja Anda tinggal click Ctrl + A lalu klik Ctrl + C dan Ctrl + V . Dalam hitungan detik semua selesai. Jaih lebih efektif dan efisien bukan?

Pada kenyataannya di Indonesia masih banyak, terutama di daerah-daerah pedalaman yang belum memahami, mereka masih menggunakan cara pertama. Hal ini tentu saja sangat merugikan, banyak waktu terbuang sia-sia dari yang seharusnya mereka bisa pergunakan untuk hal produktif lainnya.

Pentingnya Penggunaan Shortcut

READ  Cara Meng-Googling yang Baik

Last modified: 6 January 2024

Author

Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published.